info aren



apa kabar petani ladang? kembali kita berkunjung ke laman web tentang petani. kali ini tema terkait tentang aren. kalau mendengan kata aren, apa yang kepikir oleh kalian?  hemm.. apa ya (hehe)

yak,, mungkin kita langsung kepikir gula produk nira aren. terkadang tanaman ini terkadang tumbuh liar, namun sudah dimulai benerapa monokultur oleh sebagian orang.. 

untuk itu, berikut ringkasan info dan tips pengolahan untuk para pengrajin aren,, apa saja itu? yuk simak.. :v

1. sumber: kompasiana.com
air nira dibawa ke tempat pemasakan, jika sudah cukup satu wadah, langsung dimasak. lama masak 4-5 jam (jadi kalau bisa masak dari pagi). wadah pilih yang luas. cara menguji kematangan siap cetak: larutkan 1cc air nira ke air dingin. jika langsung beku, berarti sudah siap dicetak.

jangan memaksa mencetak nira yang belum cukup tua masaknya, menyebabkan berjamur.




2. sumber: cybext.pertanian.go.id
pengalaman, pohon aren yang dipupuk, disiram dimusim kemarau dan dikrndalikan gulmanya, hasilnya cukup baik.

mencegah masam:  zat gula mudah terfermentasi oleh bakteri. mencegah perantara dengan: cincang seperti keripik 1 kg kayu nangka, rendam dalam air masak 1 liter. biarkan 3 hari. setelah air kecoklatan, masukkan airnya 200 cc ke jerigen penampung (untuk 5-10 liter). kalau air cincang kayu habis, cincang boleh direndam lagi. kayu nnagka, cempedak, tumbuk daun nangka, kapur sirih.



3. sumber: kompasiana.com
lakukan pembersihan ijuk mulai umur 4 tahun. pemupukan 100 gram npk/ pohon/ tahun, dikali umur tanaman. jadi jika aren 4 tahun= 400 gram npk (2x pupuk).




4. sumber:
 lampiran peraturan menteri pertanian ri no 133/permentan/ot.140/ tentang aren. vol 2014.17
pemupukan 2x setahun, awal dan akhir musim hujan. ke dalam parit kecil aren muda= pupuk organik 400 g/ pohon/ tahun
aren dewasa= pupuk organik 800 g/ pohon/ tahun.

setelah 5 tahun, ijuk yang hitam dibersihkan agar diameter batang.

•penyadapan= 
05-08 pagi
16-18 sore
• wadah bambu dicuci dengan nira panas sebelum menampung nira selanjutnya
• sebelum sadap, masukkan bahan aditif kulit batang manggis/ serat sabut kelapa 10 g/ wadah (ph nira tidak asam, turun) ph bagus 5,7 - 6,8
• untuk mencegaj penurunan ph, nira sore hari dipanaskan dan disimpan dalam wadah penampung, dan dimasukkan untuk nira besok pagi.

kayu bakar 0,25 m³ untuk 100 liter nira, gula 10-12 kg gula aren.

Comments